Friday, September 6, 2013

Aksi Heroik,10 Bunuh Diri Massal Saat Perang

By Dijamin aman | At 10:05 AM | Label : , | 1 Comments
Perang memang kejam, perang bisa menghancurkan segalanya, tapi perang tidak bisa menghancurkan harga diri.Ini adalah daftar kisah orang2 yang menolak menyerahkan harga diri dan gak mau menderita dijajah karena kalah perang. 

10. Pilenai

Pada 25 Februari 1336 , kastil Pilenai (sekarang di zaman modern Lithuania ) dikepung oleh Ksatria Teutonik . Tentara di dalam kastil , dipimpin oleh Duke Margiris , berjuang dengan gagah berani , tetapi dengan sekitar 4.000 tentara tersisa , Duke sadar ia tidak bisa memenangkan perang . Sadar bahwa rakyatnya akan menjadi budak , ia memerintahkan pasukannya untuk menghancurkan kastil, semua harta benda mereka , dan kemudian melakukan bunuh diri massal .


9. Saipan

Pertempuran Pulau Saipan paling diingat sebagai salah satu pertempuran dahsyat militer AS di pasifik saat PDII, tapi ada satu lagi tindakan yang terjadi selama pertempuran berdarah tersebut : bunuh diri massal .

Takut pasukan AS akan menyiksa dan membunuh mereka - terutama karena propaganda oleh tentara Jepang, warga Saipan bunuh diri di laut , atau melompat dari tebing dan tenggelam . Yang paling terkenal adegan bunuh diri massal itu Marpi Point, jurang curam 250 meter ( 800 kaki) di mana tentara Amerika menyaksikan seluruh keluarga melemparkan diri ke dalam gelombang laut . Pertama anak-anak lebih tua mendorong anak-anak muda melewati batas, lalu ibu akan mendorong anak-anak tertua , dan akhirnya ayah akan mendorong istri mereka , sebelum melompat di tepi itu sendiri . Diperkirakan 22.000 warga sipil tewas dengan cara ini .

8. The Fort Of Chittorgarh

Jauhar adalah tindakan bakar diri massal India kuno. Perbuatan itu dilakukan oleh perempuan dan anak-anak di dalam dinding istana ketika dikepung. Pria tidak bisa bebas tanpa hukuman, mereka melakukan tindakan yang dikenal sebagai " shaka , " mereka akan bersatu dan maju ke dalam pertempuran terakhir kalinya untuk mati terhormat .

Tindakan yang paling terkenal dari jauhar dalam sejarah India terjadi pada tahun 1303 . Chittorgarh adalah ibukota Rajput dan benteng yang dihormati . Tapi ketika Alauddin Khilji mengepung benteng , ia akhirnya berhasil menembus perlawanan . Buruannya adalah Ratu Rajput yang cantik , Rani Padmini Chittorgarh . Tapi setelah pertempuran dimenangkan , ratu memilih bunuh diri bersama dengan semua wanita Chittorgarh .Serangan tidak menjadi satu-satunya pengepungan terhadap Chittorgarh. Serangan lain terjadi pada tahun 1535 , dan sekali lagi pada tahun 1567 , dan dua kali tentara benteng dikalahkan dan perempuan dan anak-anak kembali melakukan jauhar .

7. Puputan Badung

Pada tanggal 20 September 1906, tentara Belanda menyerang Bali dan bertemu sedikit perlawanan . Ketika mereka sampai di kota Badung , mereka menemukan bahwa orang-orang di sana telah mempersiapkan nasib ke tangan mereka sendiri . Keluarga kerajaan Bali telah meramalkan kedatangan Belanda, mereka mengetahui bahwa mereka benar-benar kalah jumlah dan perlawanan mereka akan sia-sia , raja-raja , keluarga mereka , dan ratusan pengikut mereka semua mengambil kehidupan mereka sendiri .

Ritual Bali Puputan , yang secara kasar diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai " finishing, " diperlukan pria dan wanita untuk menusuk diri dan anak-anak mereka (dari bayi yang baru lahir sampai ke yang tertua ) dalam tindakan bunuh diri . Meskipun ini adalah contoh yang paling terkenal dari puputan , serangkaian puputan telah terjadi di seluruh Bali pada tahun menjelang peristiwa di Badung .

6. Wanita Teutonik

Teuton adalah suku Jermanik menguasai benua Eropa sekitar 200 tahun sebelum kelahiran Kristus . " Jermanik " adalah deskripsi yang diberikan oleh penulis Yunani dan Romawi untuk setiap suku dari Eropa Utara . Sekitar 100 SM, Teuton memutuskan untuk melakukan petualangan , bermigrasi ke selatan dan barat ,di tanah lebih yang mudah untuk pertanian. Apa yang mereka lakukan tidaklah mulus , mereka menabrak Kekaisaran Romawi yang sedang berkembang .

Pada saat Tueton tiba di perbatasan koloni Romawi , penjarahan mereka akan menjadi sia-sia. Jenderal Romawi Gaius Marius ada di sana untuk bertemu dengan mereka . Akhirnya pecah Pertempuran Aquae Sextiae , hampir 90.000 Tueton tewas dan Raja Teutobod ditawan . Sebagai syarat menyerah Teuton , Marius memerintahkan raja untuk menyerahkan 300 wanita kepada orang Romawi . Tapi perempuan yang terpilih memohon kepada Marius , mereka memohon agar bias melakukan pelayanan di kuil-kuil Ceres dan Venus . Marius menolak permohonan mereka , dan keesokan harinya ketika tentara Roma membangunkan perempuan-perempuan Teuton, mereka menemukan setiap satu dari wanita-wanita tersebut tewas.

5.The Numantines

Numantia adalah sebuah kota kecil di utara Spanyol . Kota ada di abad kedua SM dan masuk ke dalam cerita rakyat setelah perlawanan delapan bulan melawan tentara Romawi . Kota ini akhirnya jatuh di 133 SM kepada Jenderal Scipio Aemilianus .

Para Numantines adalah yang mempunyai harga diri tinggi dan , daripada menyerah, mereka melakukan bunuh diri massal . Memori Numantia dipelihara oleh Miguel de Cervantes , dramawan yang menulis El cerco de Numancia ( " Penghancuran Numantia " ) di 1580-an , sebuah pertunjukan berdasarkan kejadian di Numantia . Cerita ini bahkan digunakan selama Perang Saudara Spanyol ketika kedua pasukan Republik dan Nacionales Franco mengadopsi citra Numantia untuk memotivasi pengikut mereka dan mempromosikan ide kematian yang membanggakan .

4.Dance Of Zalongo

Perang 1803 adalah pertempuran antara Souli dan tentara Ottoman - Albania . Setelah melihat bahwa kekalahan itu tidak dapat dihindari, Souli mulai mengungsi ke Souliote - tetapi sekelompok kecil perempuan Souli dan anak-anak mereka ditembaki di gunung Zalongo . Dalam suatu aksi yang menjadi dikenal sebagai Tarian Zalongo , para wanita melemparkan anak-anak mereka dari tebing pertama dan kemudian lompat ke tebing . Legenda mengatakan bahwa mereka melompat dari tebing sambil menyanyi dan menari .

Banyak karya seni telah didasarkan pada acara tersebut . Seniman Perancis Ary Scheffer menciptakan dua lukisan , dan sebuah monumen telah berdiri di situs Gunung Zalongo sejak 1950 untuk memperingati pengorbanan tersebut . The Dance of Zalongo juga merupakan lagu rakyat yang populer dan tarian itu dipraktekkan di seluruh Yunani sampai hari ini .

3. Demmin

Pada tanggal 1 Mei 1945, sekitar 1.000 warga dari kota Demmin di Jerman melakukan bunuh diri massal . Hal ini terjadi setelah tentara Rusia mulai menguasai kota . Demmin terletak antara Peene dan sungai Tollense dan , setelah Rusia memukul Nazi ,ada perintah dari komando tinggi Nazi untuk meledakkan jembatan , agar menghentikan gerakan Rusia , tetapi pada akhirnya malah mengurung warga Demmin dalam batas kota tanpa jalan untuk melarikan diri . Mereka terdampar , tidak dapat meninggalkan kota dan terpojok oleh penjajah Rusia.

Korban invasi mengklaim bahwa setelah tentara Rusia telah menemukan sebuah gudang minuman keras , mereka menjadi marah dan mulai memperkosa dan menjarah seluruh kota . Siapa pun yang mencoba untuk menghentikan serangan ditembak dengan darah dingin . Akhirnya , Rusia membakar kota dan dua - pertiga dari kota habis terbakar . Selagi kota dibakar , sekitar 1,200-2,500 penduduk Demmin bunuh diri - beberapa catatan bahkan menunjukkan bahwa para ibu melemparkan anak-anak mereka ke perairan beku dari dua sungai sebelum akhirnya ikut melompat ke sungai.

2.Masada

Masada adalah benteng gunung yang menghadap Laut Mati . Penggalian arkeologi Masada pada tahun 1960 dianggap penggalian terbesar sejak penemuan makam Tutankhamen .

Jadi apa yang begitu istimewa tentang Masada ? Pada tahun AD 73 , komunitas Yahudi yang tinggal di sana dikelilingi oleh tentara Romawi., komandan tentara Masada Elazar Ben - Yair memerintahkan setiap orang untuk membunuh istri dan anak-anak sebelum bunuh diri dan memerintahkan eksekusi 960 warga . Masada memiliki tempat seperti dalam cerita rakyat Yahudi yang masih digunakan sebagai tempat untuk bersumpah bagi tentara baru Israel sampai saat ini .

1. 47 Ronin

Kisah 47 Ronin sudah mendarah daging dalam budaya Jepang . Tapi tidak seperti kisah-kisah Aesop atau Grimm Bersaudara , yang satu ini benar .

Selama era Tokugawa , Jepang diperintah oleh seorang pejabat militer yang dikenal sebagai shogun . Di bawah shogun ada beberapa penguasa daerah , yang disebut daimyo , masing-masing memiliki pasukan kecil samurai . Untuk menjadi seorang samurai , samurai harus menerima kode bushido atau " jalan prajurit " - termasuk , di atas segalanya , loyalitas kepada tuan-nya dan penolakan untuk takut mati .

Pada tahun 1701, Kaisar Higashiyama ( yang hanya memegang peran seremonial di bawah kekuasaan shogun ) mengirimkan beberapa utusan dari singgasananya di Kyoto ke pengadilan shogun di Edo ( yang sekarang menjadi Tokyo) . Kira Yoshinaka , salah satu pejabat shogun , mengawasi acara tersebut , memberikan dua daimyo muda ( Asano Naganori dari Ako dan Kamei Sama dari Tsumano ) tugas menjaga utusan kaisar .

Untuk alasan yang tidak diketahui , Kira tidak suka dengan Asano dan Kamei, dan mengganggu seluruh pekerjaan mereka . Kamei tidak pernah menyambut “ umpan” Kira , Tapi Asano adalah cerita yang berbeda . Ketika Kira mengejek Asano "orang udik tanpa sopan santun , " itu adalah jebakan. Asano menghunus pedangnya pada acara resmi shogun . Kira menghindar dan mencoba menyerang kepala Asano , tapi perkelahian itu cepat di lerai . Lalu Asano di dakwa karena mengayunkan pedang di dalam istana Edo , karena hukum yang ketat dan tegas di dalam istana, Asano diperintahkan untuk mengambil nyawanya sendiri (dalam tindakan samurai dikenal sebagai seppuku : bunuh diri dengan pisau pendek).

Kira tidak berhenti di situ . Ia menyita aset Asano, mengusir keluarga Asano , dan mengurangi pasukannya samurai sehingga berstatus ronin ( " tanpa tuan" ) . Terlepas dari kenyataan aturan bushido: bahwa samurai tak bertuan harus seppuku karena aib tidak bisa melindungi tuannya , 47 dari 320 prajurit menolak . Lalu mereka mengasingkan diri dan menunggu waktu yang tepat untuk membalas kematian tuannya .

Dua tahun kemudian ,47 ronin berkumpul di rumah Kira . Di tengah malam mereka menyerbu dan membunuh 40 penjaga nya tanpa ada ronin yang tewas. Mereka menemukan Kira bersembunyi di gudang batubara dan memerintahkan dia untuk bunuh diri dengan pisau yang sama yang digunakan Asano untuk seppuku. Ia menolak dan pemimpin ronin memenggal Kira.

Setelah serangan itu , ronin berbaris ke Kuil Sengakuji terdekat di mana Asano dimakamkan dan mempersembahkan kepala Kira. Sekarang , berita penyerangan telah menyebar di seluruh negeri , dan ronin diperintahkan untuk bunuh diri . Mereka melakukan seppuku massal di kuil tersebut.

Tambahan
Dr buku yg saya baca, bisikan kalimat yg keluar dr mulut Kira buat Lord Asano:
"Tahukah kau bahwa sebenarnya kau bisa keluar dari semua kesulitan ini?" Sindir Kira. Lalu dilanjutkan, "Jika uang memang sangat berarti bagimu, ada cara lain untuk memuaskanku. Aku dengar istrimu (Lady Asano / Yozenin) cantik?"
Lord Asano langsung menebas Kira yg hanya mengenai bahunya. Karena tidak ada saksi yang tahu mengenai percakapan yg terjadi, Lord Asano dihukum Seppuku dengan alasan menodai istana (menarik pedang sangat dilarang di istana, apalagi sampai menyerang).

Sejarah Jaket Kulit, Perbedaan Jenis-jenis kulit, dan Teknik Perawatannya

By Dijamin aman | At 9:29 AM | Label : | 1 Comments
Mungkin anda tahu dengan namannya jaket kulit,atau malah anda sering menggunakannya.tidak ada salahnya sekarang anda tau sejarahnya.

1. Sejarah Jaket Kulit




Jaket kulit pertama kali digunakan oleh penerbang saat perang dunia kedua, yang lebih dikenal dengan ‘flight leather jacket’. Para penerbang ini mengenakan jaket kulit untuk melindungi tubuh mereka dari suhu udara yang ekstrim saat melakukan penerbangan.(www.wikipedia.com)

Sumber lain mengatakan, dari jaman manusia purba pun jaket kulit sudah ada, yang terbuat dari kulit binatang pada saat itu. Tapi pastinya belum dengan model yang macem-macem dan fashionable seperti saat ini kali yaa #ya eeeaalaaah.. yang penting bisa melindungi tubuh dari suhu dingin yang ekstrim dahsyatnya.

Sekarang.. semakin berkembangnya jaman, jaket kulit sudah beralih fungsi bukan hanya untuk melindungi tubuh dari suhu udara dingin ataupun panas, tapi lebih cenderung ke kebutuhan fashion dengan model yang sangat bervariatif.. sesuai dengan selera dan kebutuhan si pemakai.

Jaket kulit pada masa sekarang, bukan hanya populer digunakan oleh kaum pria saja, bahkan wanita pun kini tidak ketinggalan, menggunakan jaket kulit dalam aktifitas keseharian. Selain nyaman dan fashionable, jaket kulit melindungi kita dari panas yang menyengat, juga dari udara dingin. Ini menjadi sangat berguna saat kita bekerja diruangan kerja ber AC, di pesawat, mobil, dan saat berkendaraan dengan motor di udara terbuka.

Jaket kulit sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari, baik dalam pergaulan, maupun dalam acara-acara khusus, seperti pentas musik, interview, dan sebagainya. Modelnya pun sangat bervariasi, ada yang bergaya casual, bahkan sampai bergaya formal, seperti jas dan blazer.

2. Apakah perbedaan bahan dari kulit Sapi dan kulit Domba?






Kulit sapi, biasa disebut “leather” saja, adalah kulit yang paling umum digunakan dalam pembuatan pakaian, furniture dan leathergoods lainnya. Kulit sapi sendiri ada beberapa kategori atau kelas, bergantung dari tekstur dan kualitas, tetapi pada umumnya memiliki karakteristik sbb, cukup tahan lama, mudah untuk merawat dan tahan terhadap air dan kotoran. Kulit sapi akan mempertahankan integritas, mengambil bentuk pemakainya, sehingga lebih nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Kulit sapi ini, selain harganya terjangkau, juga fungsional dan stylish. Umumnya, kulit sapi ini digunakan untuk para biker karena kekuatan dan fungsionalitasnya.

Kulit domba adalah kulit yang terbaik diantara jenis kulit yang lainnya, sangat lembut dan mewah, luxurious. Sifat alamiahnya yang ringan memberikan sentuhan yang istimewa,sangat cocok untuk pembuatan jaket, celana, rok serta mantel. Tapi jangan sampai keistimewaan dan kemewahan kulit domba ini membuat anda ragu untuk memilikinya. Dengan sedikit perawatan, kulit domba sangat wearable, awet, dan memberikan “ultimate luxury” bagi anda.

3. Tips Perawatan Jaket Kulit




Jaket kulit adalah salah satu pakaian mewah yang harus dirawat dengan baik dan benar. Bila cara menyimpannya tidak benar dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit. Permukaan jaket yang kotor perlu dibersihkan sebelum menimbulkan bintik-bintik pada kulit dan menjadi sulit untuk dibersihkan, berikut ini kami sajikan tips merawat jaket kulit anda yang berharga.

Kulit harus diberi condisioner khusus untuk mencegah pengeringan, menjadi keras atau retak. Pemolesan dan pengeringan gesper logam yang terdapat pada jaket akan mencegah kerusakan karat. Tempat penyimpanan juga sangat penting karena jika terkena panas yang berlebihan, kelembaban dan bahkan sinar matahari dapat merusak kulit.

Alat yang disiapkan :
1. Sikat yang bulunya lembut
2. Pembersih kulit/conditioner kulit (bisa didapatkan di toko-toko jaket kulit)
3. 3 lembar kain perca yang lembut

Instruksi :
1. Sikat lembut seluruh permukaan jaket dengan sikat lembut untuk menghilangkan partikel kotoran yang besar.

2. Basahi kain pertama dengan pembersih kulit / kondisioner, dan gosokkan dengan gerakan melingkar kecil. Basahi lagi kain dengan kondisioner setiap kali mulai terasa kering.

3. Gosok permukaan jaket dengan kain kedua, masih menggunakan gerakan kecil melingkar. Mulailah dengan area yang pertama kali dibersihkan terlebih dahulu, dan menyelesaikan dengan bagian yang sama saat Anda selesai memberi kondisioner.

4. Memoles gesper logam pada jaket dengan menggunakan kain yang ketiga untuk membersihkan logam agar tidak kering dan mencegah karat.

5. Gantungkan jaket pada gantungan empuk, dan memasukkannya ke dalam tas pakaian berbahan kain yang memiliki pori-pori agar ada sirkulasi udara yang keluar masuk. Gantungkan jaket yang dibungkus dalam lemari, gelap temperatur terkendali penyimpanan. Jangan pernah menyimpan jaket kulit pada tas pakaian berbahan plastik, karena bisa menjadi lembab dan menyebabkan jaket berjamur.

4.Tips Mengatasi Penipuan Jaket Kulit

Pengalaman mudik kemarin, saat kami berhenti dan beristirahat di salah satu pombensin di sekitaran Tasik, sewaktu turun dari mobil, langsung ada seorang pemuda yang mendekati saya, menawarkan jaket kulit yang di obral, dengan alasan ngabisin barang dagangan sisa ngedrop toko.Karena pernah denger seorang kawan yang tertipu beli beginian, sekalian saja saya interogasi  .

saya tanya, barangnya kaya apa, dan harganya berapa.

Dengan sigap, dia memanggil kawannya dan menyuruh mereka mengambil contoh-contoh jaket yang di tawarkan. Dengan sekilas, saya tahu, kalau semua barang yang di tawarkan adalah imitasi, alias palsu .Sayangnya, saya belum puas dan membiarkan mereka memaparkan presentasi tentang produk jaket kulit mereka. Dengan sangat meyakinkan, si penjual menerangkan bahwa semua barang dagangannya adalah asli, dengan beberapa kualitas bahan, ada yang bahan kulit KW, mbek (kambing), kulit domba bagian punuk, dll. Untuk membuktikannya, sampai nawarin mau di bakar segala .

Oke.. sedikit menjelaskan kesalah pahaman tentang pengetesan bahan kulit jaket. Banyak para sales yang mendemokan keaslian kulit dengan membakarnya,.. Sebetulnya ini tidak cukup untuk membuktikan keaslian bahan jaket kulit, karena sebetulnya, tidak ada kulit yang tahan bakar

Seurius???

Yes.. saya serius !!!

Bahan kulit jaket, umumnya dibuat dari kulit sapi dan kulit domba, kulit makhluk hidup biasa yang seringkali kita konsumsi sehari-hari.. apakah agan-agan sekalian pernah mendapatkan kulit sapi dan kulit domba yang kebal di bakar?

Tentu tidak.. sama seperti manusia, sapi dan domba, kulitnya juga akan terbakar jika terlalu lama terkena api, akan tercium bau hangus kulit/daging yang di bakar.. kalau bener bau nya bau daging terbakar.. mirip2 bau sate.. kemungkinan besar jaket kulit yang anda bakar adalah asli

Umumnya, bahan imitasi terbuat dari campuran senyawa sejenis plastik dan karet.. yang jika berkualitas rendah, akan meleleh saat di bakar.. namun dengan kemajuan teknologi.. kini banyak juga bahan yang lebih tahan terhadap api, sehingga kalau di oles korek menyala sesaat, tidak akan berbekas.. tapi kalau rada lama, ya pasti meleleh juga

Pengetesan keaslian kulit dengan cara di gosok api memang bisa di lakukan jika hanya sekejap.. sepersekian detik, sekedar terlihat api menyala dan tidak membuat jaket kulit terbakar, lebih dari itu, kulit akan rusak, dan jaket itu tidak akan layak jual lagi.

Lantas gimana dong cara ngetesnya..??

hmm.. gampang-gampang susah, bahan imitasi memang sudah banyak yang mirip dengan kulit asli.. tapi gampangnya begini:
1. Raba
Bahan imitasi akan terasa terbuat dari campuran senyawa karet dan plastik.. anda pasti akan tahu seperti apa rasanya bahan karet saat diraba.
2. Dicium
Bahan imitasi akan tercium aroma karet/plastiknya, sedangkan kulit umumnya berbau kulit (hadeuh..susah mendeskripsikannya )
3. Remas
Bahan imitasi.. saat di remas, tidak akan meninggalkan bekas remasan, atau kekusutan.. sedangkan kulit asli pasti meninggalkan bekas remasan.. walau yang berkualitas paling bagus sekalipun.. hanya saja kalau kualitasnya baik, saat di lempengin lagi, si kulit akan tampak perlahan-lahan menjadi normal mulus kembali.
4. Bobot
Umumnya jaket imitasi, bobotnya sangat ringan, sedangkan jaket dari kulit asli, lumayan berisi, biasanya paring ringan sekitaran 0,5 kg - 0,7 kg.. yang berbahan tebal bisa lebih dari itu.
5. Harga
kebanyakan modus penipuan jaket kulit ditawarkan dengan harga yang sangat menarik.. gak murah banget juga sampai seharga jaket imitasi sih.. tapi sangat menarik untuk penawaran jaket kulit yg disebut asli bisa sampai setengah dari harga pasarnya.. biasanya di kisaran 400-600rb..
to be honest.. kalau sampai penjualnya mau ditawar di bawah 500rb.. apapun alasannya.. hampir bisa di pastikan produk yg di jajakannya adalah berbahan imitasi.. secara untuk kualitas bahan yg sangat buruk sekalipun biaya produksi minimalnya dapat di pastikan diatas 700rb apalagi dalam kondisi menjelang kurban dan gejolak ekonomi akhir2 ini.. bahan kulit sapi saja, sekarang ini harganya sudah hampir sama dengan kulit domba kualitas low.. sempat langka 1-2 bulan terakhir ini..











Sejarah munculnya YOUTUBE terinspirasi oleh Payudara

By Dijamin aman | At 9:15 AM | Label : , , | 1 Comments
Situs video streaming YouTube adalah besutan dari 3 orang jenius dan kini menjadi ladang uang. Namun, ide awal dibuatnya situs ini adalah untuk berbagi rekaman belahan dada wanita.Pasti Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim tidak menyangka apabila situs buatan mereka akan menjadi satu keran penghasil uang yang terus mengucur.

Ide pembuatan YouTube ini dimulai sekitar awal tahun 2005-an. Uniknya, ide tersebut muncul setelah sebuah insiden yang cukup memalukan bagi Janet Jackson di suatu pementasan (Super Bowl) pada tahun 2004 silam.Insiden tersebut adalah ketika Janet bernyanyi dan menari di atas panggung serta diliput dan dilihat banyak orang, secara tidak sengaja payudaranya terekspos. Tidak sedikit orang yang mengabadikan hal tersebut.

Dari situlah kemudian, menurut Kharim, inspirasi penciptaan YouTube berasal. Mereka awalnya ingin berbagi video secara online kepada semua orang namun tidak ada layanan sharing video pada saat itu.Maka, Chad dan Chen mencoba membuat format beta YouTube. Dengan mengambil tempat garasi milik Chad, YouTube resmi berdiri sebagai startup kecil yang akhirnya kepopulerannya dilirik oleh sebuah perusahaan bernama Sequoia Capital.

Perusahaan ini juga telah mengucurkan dana sebesar USD 11,5 juta untuk YouTube di awal berdirinya. Sungguh menjadi satu hal yang tak terduga ketika ide iseng berbagi video mesum ternyata menjadi ladang uang yang menguntungkan.YouTube merupakan situs video sharing yang banyak digunakan untuk berbagi video. Mungkin Anda sudah akrab dengan situs yang satu ini. Namun tahukan Anda oleh siapa dan kapan YouTube berdiri?

Situs YouTube didirikan oleh mantan pekerja paypai, Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim pada Februari 2005. Dilansir dari Wikipedia, situs ini kemudian beralih menjadi milik Google pada akhir tahun 2006 hingga saat ini.

Sebagian besar konten di situs ini diunggah oleh individu. Namun beberapa perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu dan dan beberapa perusahaan lain yang menayangkan materi mereka melalui situs ini sebagai bentuk program kerja sama.

Hurley dan Chen pertama kali mendapatkan ide untuk mendirikan situs ini karena mereka mengalami kesulitan untuk membagi video. YouTube sendiri mulai menjadi startup teknologi setelah menerima investasi dari Sequola Capital sebesar USD 11.5 juta.

Video pertama yang diunggah di situs ini berjudul "Me at the zoo" yang menayangkan salah satu pendiri YouTube saat berada di Kebun binatang San Diego. Video ini diunggah pada 23 April 2005 dan masih dapat dilihat hingga saat ini.

Saat ini pengguna internet dapat dengan mudah berbagi video melalui situs YouTube dengan hanya membuat channel yang dapat diregistrasi secara gratis.

Video pertama youtube


Sejarah Perkembangan Sulap Di Indonesia

By Dijamin aman | At 9:09 AM | Label : | 0 Comments
Seni Sulap di Indonesia mulai berkembang sejak awal abad ke-19, namun tidak banyak catatan tentang perkembangan sulap pada periode tersebut. Pada tahun 1950, muncullah seorang pesulap berkebangsaan Indonesia bernama Lie, beliau dikenal sebagai pesulap angkatan pertama di Indonesia. Beliau juga mendirikan sebuah perkumpulan sulap yang di beri nama "SUNGLAP" yang berarti `sungguh gelap`. Jadi menurut beliau, seni sulap sungguh - sungguh gelap bagi para penontonnya, karena mereka sama sekali tidak tahu rahasia di balik sebuah pertunjukkan sulap. Seni Sulap pada zaman itu sangat sedikit peminatnya, hal ini di karenakan harga alat - alat sulap pada zaman itu sangatlah mahal, sehingga hanya orang - orang kaya yang dapat membeli alat - alat tersebut. Oleh karena hal itu, seni sulap pada zaman itu perlahan memudar.

Tahun 1990, Seni Sulap di Indonesia mulai terdengar lagi gaungnya, hal ini berkat kemuncullan seorang pesulap bernama Andry Manan. Beliau adalah pesulap pertama yang mempertunjukkan Seni Sulap di layar televisi, sehingga hampir seluruh masyarakat Indonesia mengetahui tentang adanya Seni Sulap. Semenjak saat itu, banyak stasiun televisi yang tertarik untuk menggunakan pesulap untuk mengisi di salah satu acara mereka.

Tahun 1999, Deddy Corbuzier muncul sebagai Mentalis terbaik se- Asia Tenggara, tidak lama setelah kemunculan Deddy Corbuzier, muncullah pesulap - pesulap baru seperti Demian Aditya, Romy Rafael, Oge Arthemus, Decky San, Bow Vernon. Dan pada tahun 2008 muncullah sebuah kompetisi yang diperuntukan bagi pesulap - pesulap baru di tanah air, sehingga dari kompetisi tersebutlah lahir generasi - generasi pesulap yang baru hingga sampai detik ini meskipun kompetisi tersebut telah berakhir.

Sejarah Gaun Hitam

By Dijamin aman | At 9:05 AM | Label : , | 1 Comments
HITAM dan dukacita sejak lampau tak terpisahkan. Kebiasaan berbusana hitam dalam perkabungan, menurut Fran├žoise Piponnier dan Perrine Mane dalam Dress in the Middle Ages, berawal dari Spanyol pada abad pertengahan yang kemudian ditiru oleh para bangsawan Prancis dan Inggris. Salah seorang di antaranya Phillip the Good (Duke of Burgundy) yang bersikeras mengenakan hitam sejak terbunuhnya sang ayah, John the Fearless, pada 1419 hingga akhir masa pemerintahannya pada 1467. Tak hanya itu, kereta kuda, rombongan pengawal, dan kediamannya juga berornamen hitam.

Eropa pada abad pertengahan memiliki peraturan tata-cara anggota masyarakat bertingkahlaku sesuai hierarki (dikenal sebagai sumptuary laws). Menurut peraturan, pemakaian busana berkabung hitam terbatas hanya untuk kaum ningrat. Para janda bangsawan wajib mengenakan gaun, penutup kepala, dan kerudung hitam ketika muncul di tempat-tempat umum. Ratu Prancis Catherine de Medici, dalam salah satu lukisan potret setelah suaminya, Raja Henry II, meninggal pada 1559, dilukis dalam gaun berkabung hitam dengan bordir bulu putih di lengan, lengkap dengan perhiasan dan tudung kepala hitam bermahkota. Kebiasaan mengenakan busana serupa konon berlangsung hingga ketiga putranya melanjutkan tahta kerajaan.

Eksklusivitas busana berkabung hitam oleh kelas ningrat mencair seiring kemunculan kelompok pedagang kaya Eropa akibat perkembangan industri dan perdagangan pada abad ke-17 dan 18. Sebagai sebuah kelas baru yang berpengaruh, para pedagang dan keluarga berupaya keras mengukuhkan identitas mereka. Gaya berbusana meniru para bangsawan, termasuk dalam perkabungan, menjadi salah satu tolok ukur mereka.
Hitam tak selalu terkait kematian. Berbagai tradisi budaya mengartikan hitam secara berbeda. Michel Pastoureau dalam Black: the History of a Color menulis bahwa bangsa Mesir kuno memandang hitam sebagai warna kesuburan, serupa lumpur Sungai Nil.

Hitam juga memiliki konotasi kesucian spiritual. Dalam Seeing through Clothes, Anne Holander menyebutkan tiga ordo Katolik yang mengenakan hitam: baik hitam keseluruhan seperti Ordo Benedictines (abad ke-1) maupun kombinasi hitam-putih Ordo Augustinian (abad ke-13) dan Dominican (abad ke-15). Ketika Oliver Cromwell, seorang Kristen puritan, memerintah Inggris pada 1653-1658, dia melarang warganya hidup bersenang-senang, termasuk berpakaian warna-warni. Warga perempuan diharuskan memakai gaun hitam panjang yang menutup leher hingga mata kaki, dengan celemek putih dan penutup kepala putih.
Interpretasi hitam sebagai mode busana dimulai sejak abad pertengahan. “Citarasa Spanyol, dengan akar gaya Burgundi, menyebarkan pengaruhnya ke Eropa, serta diikuti oleh Belanda yang mengadaptasi Spanyol; keduanya sangat terbuka akan keindahan suram warna hitam; walau mereka masih terpaku dengan hitam diselingi sedikit putih di bagian leher,” tulis Holander.

Hitam sebagai mode busana, khususnya perempuan, kian berkembang pada abad ke-19. Beberapa edisi La Belle Assemble, sebuah majalah perempuan terbitan Inggris dengan sirkulasi ke wilayah Eropa dan Amerika, memuat popularitas hitam dalam gaun, ikat pinggang, dan topi perempuan. “Gaun-gaun yang digemari terbuat dari beludru hitam yang dipotong pendek, mengembang dengan lipitan brokat hitam. Lipitan brokat ini juga dijahit di ujung hem…, dipadukan dengan lapisan gaun satin putih dikenakan di bawah bahan beludru…” demikian sepenggal deskripsi artikel berjudul “Costume of Paris” dalam majalah tersebut edisi Februari 1823.
Namun gaun malam hitam cukup berisiko, terutama di mata sekelompok masyarakat Barat abad ke-19 yang konservatif. Karena dianggap kurang sopan, perempuan bergaun malam hitam mendapat “sanksi” dari lingkaran sosialnya. “Kasihan Ellen,” ujar Nyonya Archer singkat; kemudian dengan penuh simpatik menambahkan: “Kita harus selalu mengingat lingkungan eksentrik Medora Manson yang membesarkannya. Apa yang dapat kita harapkan dari seorang perempuan yang diizinkan mengenakan gaun satin hitam dalam perayaan menyambut masa dewasanya?” Itulah sekilas sindiran halus mengenai gaun hitam dan kepantasan sikap seorang perempuan oleh kelas atas New York pada akhir abad ke-19 dalam novel Edith Wharton, The Age of Innocence.

“Skandal” gaun malam hitam bagi perempuan juga terjadi pada 1884 lewat lukisan Portrait of Madame X oleh pelukis John Singer Sargent. Subjek lukisan adalah Madame Pierre Gautreau. Terpukau oleh kecantikannya, Sargent membujuk lewat berbagai cara agar sang bangsawan bersedia dilukis. Di versi awal lukisan, Madame Gautreau mengenakan gaun malam hitam berpotongan leher bentuk hati, dengan salah satu tali gaun terjatuh di pundaknya.

Ketika lukisan tersebut dipamerkan di Salon, Paris, masyarakat luas termasuk sanak-keluarga Gautreau bereaksi keras terhadap pose dan gaun Madame Gautreau yang dianggap sugestif. Untuk mengurangi efek kemarahan publik, Sargent memperbaiki lukisan tali gaun menjadi pas di pundak.

Gaun hitam mengalami redefinisi pada awal abad ke-20 seiring perubahan peran sosial perempuan di Barat. Tahun 1920 khususnya menjadi tonggak pergerakan kaum perempuan di Amerika dengan pengakuan hak istri sebagai pemilik properti serta hak perempuan berpartisipasi dalam pemilihan umum. Era baru ini diiringi peningkatan daya beli dan konsumerisme massa, yang mendorong industri busana siap pakai.

Ketika perancang Coco Chanel mendesain gaun hitam, dia menerjemahkan semangat era tersebut. Di tangannya, gaun hitam menjadi busana siang dan malam yang memudahkan perempuan beraktivitas. Ilustrasi gaun hitam selutut berlengan panjang Chanel terbit di majalah Vogue Amerika edisi 1 Oktober 1926. Vogue memuji kesederhanaan sekaligus potensi pasar rancangan Chanel, yang disejajarkan dengan mobil Ford. “Busana ‘Ford’ Chanel, seluruh dunia akan memakainya, adalah model 817 dari bahan crepe de chine hitam…”

Pamor gaun hitam Chanel yang kemudian dikenal luas sebagai “little black dress” memuncak pada 1961. Artis Audrey Hepburn mengenakan gaun hitam rancangan Hubert de Givenchy dalam film Breakfast at Tiffany’s. Keanggunan Hepburn dalam balutan little black dress seketika menjadi panutan mode busana dan terus berdampak hingga kini. Gaun hitam, dalam berbagai model dan bahan, kini menjadi pilihan banyak perempuan dalam menghadiri acara formal maupun sosial. Saking populer, Oxford Dictionary of English memasukkan little black dress sebagai kata baru dalam edisi ketiga pada Agustus 2010.

Gaun hitam hingga little black dress yang massal telah mendobrak dominasi mode berbusana. Georg Simmel, sosiolog dan filsuf Jerman, dalam esai‘The Philosophy of Fashion’ mengatakan, “mode selalu berdasarkan kelas… kelas atas membedakan mode mereka dengan kelas lebih rendah, dan mereka akan segera meninggalkannya sesaat setelah kelas di bawahnya mencoba mengikuti.” Namun Simmel juga meyakini keberadaan sebuah keindahan yang klasik, yang menurutnya “bersifat kolektif dan tidak menimbulkan banyak perubahan.”

Little black dress adalah salah satu bukti keindahan klasik sepotong gaun melintasi batas kelas dan waktu

Wednesday, September 4, 2013

Sejarah Permen Coklat, Permen Karet & Permen Mint

By Dijamin aman | At 12:31 AM | Label : | 2 Comments
Saat masih kecil anda pasti suka permen coklat, permen karet dan permen mint kan. Makin banyak pilihan rasa dan bentuk yang ditawarkan untuk konsumen di Indonesia dan negara lain. Tapi apakah kamu menyangka kalau permen mint yang terkenal di awal tahun 1900 an bernama "Life Saver"? Yuk cari tahu lebih dalam tentang sejarah permen terfavorit di dunia.

Mulai dari yang enak banget dulu deh. Sejarah permen coklat diciptakan oleh Coenraad J van Houten asal Belanda pada tahun 1828. Permen coklat dari anak kecil, remaja, dewasa, kakek-nenek pasti suka. Ide cemerlangnya yaitu memasak dan memeras biji coklat yang kemudian dicampur dengan gula. Kreatif dan inovatif!



Ternyata sejarah permen karet dimulai secara gak sengaja oleh orang Amerika bernama Thomas Adams. Ia menciptakan permen karet pada tahun 1869. Tadinya justru dia mau membuat mainan dari ban sepeda tapi gagal. Eh dia malah masukkin karet ke mulutnya dan jadinya kepikiran gimana kalau karet ini ditambahkan rasa sehingga menjadi permen. Tahun 1871, hasil temuan Thomas Adams dipatenkan. Sampai detik ini, permen karet tetap masih diminati oleh siapapun.

Sejarah makin berkembang di tahun 1912 dimana permen minta dikembangkan bentuk dan kemasannya oleh Clarence Crene ditahun 1912.


Clarence Crene membuat inovasi permen mint yang bulat dan tengahnya bolong. Pada waktu itu permen mint berupa persegi. “Life Saver”, begitulah nama permen ciptaannya yang mirip seperti ban pelampung.

Sejarah Game Terkenal Mario Bros

By Dijamin aman | At 12:29 AM | Label : | 2 Comments
Pada awalnya, Mario Bros. ini merupakan bagian dari paket minigame keluaran Nintendo dan juga termasuk dalam seri game Super Mario Advance. Dan masih banyak pula game-game lain yang menyertakan Mario Bros. di dalamnya. Selanjutnya, Mario Bros. juga telah dirilis ulang untuk berbagai konsol besutan Nintendo. Di beberapa sumber juga mengatakan bahwa game ini pernah dirilis di konsol jadul Atari.


Pertama jelas si Marionya ini. Mario di game ini digambarkan sebagai tukang pipa/ledeng keturunan Italia-Amerika. Perawakannya tambun. Dia juga punya kumis. Ciri khasnya adalah baju warna merah dan topi merah. Meski di beberapa game juga ada beberapa modifikasinya tapi warna merahnya sudah jadi trademark yang selalu dipertahankan. Dan di topinya tertulis huruf “M” untuk Mario keluaran baru yang grafisnya sudah lebih bagus.



Karakter utama yang kedua adalah Luigi. Dia adalah kakak dari Mario gan. Dia juga sama-sama tukang pipa/ledeng kayak adiknya Mario. Perawakannya kurus dan lebih tinggi dari Mario. Dia juga punya kumis kayak Mario. Warna trademark dia adalah hijau sesuai baju dan topinya. Dan di topinya terdapat huruf “L”.





Gameplay

Secara garis besar Game Mario Bros. ini mengharuskan player untuk menggunakan salah satu karakter yang ada demi mengalahkan semua musuh di setiap level atau fasenya.
Pada game-game Mario lama, mekanisme permainan Mario Bros. hanya melibatkan gerakan berlari (atau jalan) dan melompat saja. Bahkan jika di konsol yang lebih jadul yang hanya 2D, kita sebagai player tidak bisa berjalan mundur atau kembali ke tempat sebelumnya.

Di game Mario yang bahkan lebih jadul lagi, kita tidak bisa menginjak musuh untuk mengalahkannya. Kecuali kita sudah membalikknya terlebih dulu.
Di game seri awal yang paling jadul dari Mario ini, pada tiap levelnya terdapat pipa di tiap sudut layar (jumlahnya 4) dan terdapat objek bernama “POW” di bagian tengah bawah. Pada tiap levelnnya player bisa menembus “dinding” di sebelah kiri atau kanan dan muncul kembali di arah sebaliknya.

Pemain mendapatkan poin dari mengalahkan musuh dan bisa mendapat poin lebih jika mengalahkan secara beruntun (semacam combo). Lalu bisa juga ikut dalam level bonus untuk mendapatkan poin tambahan.

Foto2 Perkembangan gameplay Mario Bros.







Namun kemudian Mario Bros kembali dikembangkan oleh Nintendo untuk menunjang konsol terbaru mereka, disini Mario mengalami banyak perubahan, tentunya selain perubahan dari segi grafis, juga dari segi interface dan gameplay turut berkembang, selain jenis-jenis musuh yang lebih variatif, storyline dari game ini pun mulai dikembangkan, sehingga Mario menjadi semakin menarik hingga dapat diidentikan dengan nitendo itu sendiri.
Pengembangan Mario pun terus berlanjut hingga yang kita temukan saat ini, si tukang ledeng ini tidak melulu berjalan ke kanan menginjak-injak musuh-musuhnya untuk menyelamatkan si putri cantik di istana yang dijaga oleh si raja kura-kura yang jahat, kini Mario mulai bermain tennis, go kart, hingga menjalani petualangan dengan alur cerita yang lebih serius seperti dalam Paper Mario.

Sejarah Pengembangan dari Mario Bros

Mario Bros diciptakan oleh Shigeru Miyamoto dan dibantu oleh Gunpei Yokoi, dua orang yang telah berkontribusi untuk game Donkey Kong.
Kalau ada yang belum tahu siapa itu Gunpei Yokoi, ini penampakannya.

     
           Shigeru Miyamoto                                       Gunpei Yokoi


Di Don Key Kong sendiri Mario telah muncul dan menjadi salah satu tokoh utama yang digemari oleh banyak orang. Ide pengembangan Mario bermula dari sini, di Donkey Kong, karakter Mario akan mati jika dia jatuh dari ketinggian yang terlalu jauh, sehingga kemudian Yokoi memberikan ide untuk membuat Mario dapat tetap hidup walaupun jatuh dari ketinggian berapapun, asalkan tetap medarat di balok-balok yang tersedia, dari sinilah kemudian muncul ide mengenai petualangan Mario dalam bentuk SidScrolingGame, figurisasi karakter Mario pun mulai dilakukan, karakter yang pada awalnya bernama "Jump Man" kemudian diberi nama "Mario" diidentikan sebagai seorang tukang ledeng berkumis dengan logat Italia (Jump Man sendiri sebenarnya seorang tukang kayu) dan untuk mengentalkan karakternya sebagai tukang ledeng, pipa-pipa hijau kemudian ditambahkan dalam mario Bros, kemudian diperkenalkan pula tokoh baru, yaitu Luigi, hanya dengan mengganti warna baju dan membuat karakternya menjadi lebih tinggi sebagai saudara Mario.



Mario Bros pada awalnya tidak sesukses seperti yang kita lihat sekarang, pada tahun 1983 penjualannya tidak terlalu bagus, terutama karena konsol pada waktu itu belum seperti yang kita kenal saat ini, melainkan masih berupa "family computer" hingga kemudian Nitendo merilis sendiri konsolnya yang berupa NES (Nitendo Entertainment System) yang memfasilitasi penggunaan catridge. Mario Bros menjadi booming sekaligus menjadi salah satu ikon yang mengangkat nama Nitendo sebagai konsol permainan, hingga kemudian Mario berturut-turut menjadi karakter langganan konsol-konsol Nitendo berikutnya, mulai dari SuperNitendo, Nitendo64, GameCube, Wii, dan Wii U.


Mario Bros diciptakan oleh Shigeru Miyamoto dan Gunpei Yokoi, dua orang yang telah berkontribusi untuk game Donkey Kong. Di Don Key Kong sendiri Mario telah muncul dan menjadi salah satu tokoh utama yang digemari oleh banyak orang. Ide pengembangan Mario bermula dari sini, di Donkey Kong, karakter Mario akan mati jika dia jatuh dari ketinggian yang terlalu jauh, sehingga kemudian Yokoi memberikan ide untuk membuat Mario dapat tetap hidup walaupun jatuh dari ketinggian berapapun, asalkan tetap medarat di balok-balok yang tersedia, dari sinilah kemudian muncul ide mengenai petualangan Mario dalam bentuk SidScrolingGame, figurisasi karakter Mario pun mulai dilakukan, karakter yang pada awalnya bernama "Jump Man" kemudian diberi nama "Mario" diidentikan sebagai seorang tukang ledeng berkumis dengan logat italia (Jump Man sendiri sebenarnya seorang tukang kayu) dan untuk mengentalkan karakternya sebagai tukang ledeng, pipa-pipa hijau kemudian ditambahkan dalam mario Bros, kemudian diperkenalkan pula tokoh baru, yaitu Luigi, hanya dengan mengganti warna baju dan membuat karakternya menjadi lebih tinggi sebagai saudara Mario.

Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Asal Sejarah Dari Sebuah Kisah - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz