Friday, September 6, 2013

Sejarah Jaket Kulit, Perbedaan Jenis-jenis kulit, dan Teknik Perawatannya

Mungkin anda tahu dengan namannya jaket kulit,atau malah anda sering menggunakannya.tidak ada salahnya sekarang anda tau sejarahnya.

1. Sejarah Jaket Kulit




Jaket kulit pertama kali digunakan oleh penerbang saat perang dunia kedua, yang lebih dikenal dengan ‘flight leather jacket’. Para penerbang ini mengenakan jaket kulit untuk melindungi tubuh mereka dari suhu udara yang ekstrim saat melakukan penerbangan.(www.wikipedia.com)

Sumber lain mengatakan, dari jaman manusia purba pun jaket kulit sudah ada, yang terbuat dari kulit binatang pada saat itu. Tapi pastinya belum dengan model yang macem-macem dan fashionable seperti saat ini kali yaa #ya eeeaalaaah.. yang penting bisa melindungi tubuh dari suhu dingin yang ekstrim dahsyatnya.

Sekarang.. semakin berkembangnya jaman, jaket kulit sudah beralih fungsi bukan hanya untuk melindungi tubuh dari suhu udara dingin ataupun panas, tapi lebih cenderung ke kebutuhan fashion dengan model yang sangat bervariatif.. sesuai dengan selera dan kebutuhan si pemakai.

Jaket kulit pada masa sekarang, bukan hanya populer digunakan oleh kaum pria saja, bahkan wanita pun kini tidak ketinggalan, menggunakan jaket kulit dalam aktifitas keseharian. Selain nyaman dan fashionable, jaket kulit melindungi kita dari panas yang menyengat, juga dari udara dingin. Ini menjadi sangat berguna saat kita bekerja diruangan kerja ber AC, di pesawat, mobil, dan saat berkendaraan dengan motor di udara terbuka.

Jaket kulit sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari, baik dalam pergaulan, maupun dalam acara-acara khusus, seperti pentas musik, interview, dan sebagainya. Modelnya pun sangat bervariasi, ada yang bergaya casual, bahkan sampai bergaya formal, seperti jas dan blazer.

2. Apakah perbedaan bahan dari kulit Sapi dan kulit Domba?






Kulit sapi, biasa disebut “leather” saja, adalah kulit yang paling umum digunakan dalam pembuatan pakaian, furniture dan leathergoods lainnya. Kulit sapi sendiri ada beberapa kategori atau kelas, bergantung dari tekstur dan kualitas, tetapi pada umumnya memiliki karakteristik sbb, cukup tahan lama, mudah untuk merawat dan tahan terhadap air dan kotoran. Kulit sapi akan mempertahankan integritas, mengambil bentuk pemakainya, sehingga lebih nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Kulit sapi ini, selain harganya terjangkau, juga fungsional dan stylish. Umumnya, kulit sapi ini digunakan untuk para biker karena kekuatan dan fungsionalitasnya.

Kulit domba adalah kulit yang terbaik diantara jenis kulit yang lainnya, sangat lembut dan mewah, luxurious. Sifat alamiahnya yang ringan memberikan sentuhan yang istimewa,sangat cocok untuk pembuatan jaket, celana, rok serta mantel. Tapi jangan sampai keistimewaan dan kemewahan kulit domba ini membuat anda ragu untuk memilikinya. Dengan sedikit perawatan, kulit domba sangat wearable, awet, dan memberikan “ultimate luxury” bagi anda.

3. Tips Perawatan Jaket Kulit




Jaket kulit adalah salah satu pakaian mewah yang harus dirawat dengan baik dan benar. Bila cara menyimpannya tidak benar dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit. Permukaan jaket yang kotor perlu dibersihkan sebelum menimbulkan bintik-bintik pada kulit dan menjadi sulit untuk dibersihkan, berikut ini kami sajikan tips merawat jaket kulit anda yang berharga.

Kulit harus diberi condisioner khusus untuk mencegah pengeringan, menjadi keras atau retak. Pemolesan dan pengeringan gesper logam yang terdapat pada jaket akan mencegah kerusakan karat. Tempat penyimpanan juga sangat penting karena jika terkena panas yang berlebihan, kelembaban dan bahkan sinar matahari dapat merusak kulit.

Alat yang disiapkan :
1. Sikat yang bulunya lembut
2. Pembersih kulit/conditioner kulit (bisa didapatkan di toko-toko jaket kulit)
3. 3 lembar kain perca yang lembut

Instruksi :
1. Sikat lembut seluruh permukaan jaket dengan sikat lembut untuk menghilangkan partikel kotoran yang besar.

2. Basahi kain pertama dengan pembersih kulit / kondisioner, dan gosokkan dengan gerakan melingkar kecil. Basahi lagi kain dengan kondisioner setiap kali mulai terasa kering.

3. Gosok permukaan jaket dengan kain kedua, masih menggunakan gerakan kecil melingkar. Mulailah dengan area yang pertama kali dibersihkan terlebih dahulu, dan menyelesaikan dengan bagian yang sama saat Anda selesai memberi kondisioner.

4. Memoles gesper logam pada jaket dengan menggunakan kain yang ketiga untuk membersihkan logam agar tidak kering dan mencegah karat.

5. Gantungkan jaket pada gantungan empuk, dan memasukkannya ke dalam tas pakaian berbahan kain yang memiliki pori-pori agar ada sirkulasi udara yang keluar masuk. Gantungkan jaket yang dibungkus dalam lemari, gelap temperatur terkendali penyimpanan. Jangan pernah menyimpan jaket kulit pada tas pakaian berbahan plastik, karena bisa menjadi lembab dan menyebabkan jaket berjamur.

4.Tips Mengatasi Penipuan Jaket Kulit

Pengalaman mudik kemarin, saat kami berhenti dan beristirahat di salah satu pombensin di sekitaran Tasik, sewaktu turun dari mobil, langsung ada seorang pemuda yang mendekati saya, menawarkan jaket kulit yang di obral, dengan alasan ngabisin barang dagangan sisa ngedrop toko.Karena pernah denger seorang kawan yang tertipu beli beginian, sekalian saja saya interogasi  .

saya tanya, barangnya kaya apa, dan harganya berapa.

Dengan sigap, dia memanggil kawannya dan menyuruh mereka mengambil contoh-contoh jaket yang di tawarkan. Dengan sekilas, saya tahu, kalau semua barang yang di tawarkan adalah imitasi, alias palsu .Sayangnya, saya belum puas dan membiarkan mereka memaparkan presentasi tentang produk jaket kulit mereka. Dengan sangat meyakinkan, si penjual menerangkan bahwa semua barang dagangannya adalah asli, dengan beberapa kualitas bahan, ada yang bahan kulit KW, mbek (kambing), kulit domba bagian punuk, dll. Untuk membuktikannya, sampai nawarin mau di bakar segala .

Oke.. sedikit menjelaskan kesalah pahaman tentang pengetesan bahan kulit jaket. Banyak para sales yang mendemokan keaslian kulit dengan membakarnya,.. Sebetulnya ini tidak cukup untuk membuktikan keaslian bahan jaket kulit, karena sebetulnya, tidak ada kulit yang tahan bakar

Seurius???

Yes.. saya serius !!!

Bahan kulit jaket, umumnya dibuat dari kulit sapi dan kulit domba, kulit makhluk hidup biasa yang seringkali kita konsumsi sehari-hari.. apakah agan-agan sekalian pernah mendapatkan kulit sapi dan kulit domba yang kebal di bakar?

Tentu tidak.. sama seperti manusia, sapi dan domba, kulitnya juga akan terbakar jika terlalu lama terkena api, akan tercium bau hangus kulit/daging yang di bakar.. kalau bener bau nya bau daging terbakar.. mirip2 bau sate.. kemungkinan besar jaket kulit yang anda bakar adalah asli

Umumnya, bahan imitasi terbuat dari campuran senyawa sejenis plastik dan karet.. yang jika berkualitas rendah, akan meleleh saat di bakar.. namun dengan kemajuan teknologi.. kini banyak juga bahan yang lebih tahan terhadap api, sehingga kalau di oles korek menyala sesaat, tidak akan berbekas.. tapi kalau rada lama, ya pasti meleleh juga

Pengetesan keaslian kulit dengan cara di gosok api memang bisa di lakukan jika hanya sekejap.. sepersekian detik, sekedar terlihat api menyala dan tidak membuat jaket kulit terbakar, lebih dari itu, kulit akan rusak, dan jaket itu tidak akan layak jual lagi.

Lantas gimana dong cara ngetesnya..??

hmm.. gampang-gampang susah, bahan imitasi memang sudah banyak yang mirip dengan kulit asli.. tapi gampangnya begini:
1. Raba
Bahan imitasi akan terasa terbuat dari campuran senyawa karet dan plastik.. anda pasti akan tahu seperti apa rasanya bahan karet saat diraba.
2. Dicium
Bahan imitasi akan tercium aroma karet/plastiknya, sedangkan kulit umumnya berbau kulit (hadeuh..susah mendeskripsikannya )
3. Remas
Bahan imitasi.. saat di remas, tidak akan meninggalkan bekas remasan, atau kekusutan.. sedangkan kulit asli pasti meninggalkan bekas remasan.. walau yang berkualitas paling bagus sekalipun.. hanya saja kalau kualitasnya baik, saat di lempengin lagi, si kulit akan tampak perlahan-lahan menjadi normal mulus kembali.
4. Bobot
Umumnya jaket imitasi, bobotnya sangat ringan, sedangkan jaket dari kulit asli, lumayan berisi, biasanya paring ringan sekitaran 0,5 kg - 0,7 kg.. yang berbahan tebal bisa lebih dari itu.
5. Harga
kebanyakan modus penipuan jaket kulit ditawarkan dengan harga yang sangat menarik.. gak murah banget juga sampai seharga jaket imitasi sih.. tapi sangat menarik untuk penawaran jaket kulit yg disebut asli bisa sampai setengah dari harga pasarnya.. biasanya di kisaran 400-600rb..
to be honest.. kalau sampai penjualnya mau ditawar di bawah 500rb.. apapun alasannya.. hampir bisa di pastikan produk yg di jajakannya adalah berbahan imitasi.. secara untuk kualitas bahan yg sangat buruk sekalipun biaya produksi minimalnya dapat di pastikan diatas 700rb apalagi dalam kondisi menjelang kurban dan gejolak ekonomi akhir2 ini.. bahan kulit sapi saja, sekarang ini harganya sudah hampir sama dengan kulit domba kualitas low.. sempat langka 1-2 bulan terakhir ini..











1 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Asal Sejarah Dari Sebuah Kisah - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz