Wednesday, September 4, 2013

Sejarah Permen Coklat, Permen Karet & Permen Mint

Saat masih kecil anda pasti suka permen coklat, permen karet dan permen mint kan. Makin banyak pilihan rasa dan bentuk yang ditawarkan untuk konsumen di Indonesia dan negara lain. Tapi apakah kamu menyangka kalau permen mint yang terkenal di awal tahun 1900 an bernama "Life Saver"? Yuk cari tahu lebih dalam tentang sejarah permen terfavorit di dunia.

Mulai dari yang enak banget dulu deh. Sejarah permen coklat diciptakan oleh Coenraad J van Houten asal Belanda pada tahun 1828. Permen coklat dari anak kecil, remaja, dewasa, kakek-nenek pasti suka. Ide cemerlangnya yaitu memasak dan memeras biji coklat yang kemudian dicampur dengan gula. Kreatif dan inovatif!



Ternyata sejarah permen karet dimulai secara gak sengaja oleh orang Amerika bernama Thomas Adams. Ia menciptakan permen karet pada tahun 1869. Tadinya justru dia mau membuat mainan dari ban sepeda tapi gagal. Eh dia malah masukkin karet ke mulutnya dan jadinya kepikiran gimana kalau karet ini ditambahkan rasa sehingga menjadi permen. Tahun 1871, hasil temuan Thomas Adams dipatenkan. Sampai detik ini, permen karet tetap masih diminati oleh siapapun.

Sejarah makin berkembang di tahun 1912 dimana permen minta dikembangkan bentuk dan kemasannya oleh Clarence Crene ditahun 1912.


Clarence Crene membuat inovasi permen mint yang bulat dan tengahnya bolong. Pada waktu itu permen mint berupa persegi. “Life Saver”, begitulah nama permen ciptaannya yang mirip seperti ban pelampung.

1 comments:

HobikuDuniaku said...

wah ternyata ada sejarahnya yah, klau permen mint yang ini http://goo.gl/MRU9Ad?

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Asal Sejarah Dari Sebuah Kisah - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz