Wednesday, September 4, 2013

Sejarah Game Terkenal Mario Bros

Pada awalnya, Mario Bros. ini merupakan bagian dari paket minigame keluaran Nintendo dan juga termasuk dalam seri game Super Mario Advance. Dan masih banyak pula game-game lain yang menyertakan Mario Bros. di dalamnya. Selanjutnya, Mario Bros. juga telah dirilis ulang untuk berbagai konsol besutan Nintendo. Di beberapa sumber juga mengatakan bahwa game ini pernah dirilis di konsol jadul Atari.


Pertama jelas si Marionya ini. Mario di game ini digambarkan sebagai tukang pipa/ledeng keturunan Italia-Amerika. Perawakannya tambun. Dia juga punya kumis. Ciri khasnya adalah baju warna merah dan topi merah. Meski di beberapa game juga ada beberapa modifikasinya tapi warna merahnya sudah jadi trademark yang selalu dipertahankan. Dan di topinya tertulis huruf “M” untuk Mario keluaran baru yang grafisnya sudah lebih bagus.



Karakter utama yang kedua adalah Luigi. Dia adalah kakak dari Mario gan. Dia juga sama-sama tukang pipa/ledeng kayak adiknya Mario. Perawakannya kurus dan lebih tinggi dari Mario. Dia juga punya kumis kayak Mario. Warna trademark dia adalah hijau sesuai baju dan topinya. Dan di topinya terdapat huruf “L”.





Gameplay

Secara garis besar Game Mario Bros. ini mengharuskan player untuk menggunakan salah satu karakter yang ada demi mengalahkan semua musuh di setiap level atau fasenya.
Pada game-game Mario lama, mekanisme permainan Mario Bros. hanya melibatkan gerakan berlari (atau jalan) dan melompat saja. Bahkan jika di konsol yang lebih jadul yang hanya 2D, kita sebagai player tidak bisa berjalan mundur atau kembali ke tempat sebelumnya.

Di game Mario yang bahkan lebih jadul lagi, kita tidak bisa menginjak musuh untuk mengalahkannya. Kecuali kita sudah membalikknya terlebih dulu.
Di game seri awal yang paling jadul dari Mario ini, pada tiap levelnya terdapat pipa di tiap sudut layar (jumlahnya 4) dan terdapat objek bernama “POW” di bagian tengah bawah. Pada tiap levelnnya player bisa menembus “dinding” di sebelah kiri atau kanan dan muncul kembali di arah sebaliknya.

Pemain mendapatkan poin dari mengalahkan musuh dan bisa mendapat poin lebih jika mengalahkan secara beruntun (semacam combo). Lalu bisa juga ikut dalam level bonus untuk mendapatkan poin tambahan.

Foto2 Perkembangan gameplay Mario Bros.







Namun kemudian Mario Bros kembali dikembangkan oleh Nintendo untuk menunjang konsol terbaru mereka, disini Mario mengalami banyak perubahan, tentunya selain perubahan dari segi grafis, juga dari segi interface dan gameplay turut berkembang, selain jenis-jenis musuh yang lebih variatif, storyline dari game ini pun mulai dikembangkan, sehingga Mario menjadi semakin menarik hingga dapat diidentikan dengan nitendo itu sendiri.
Pengembangan Mario pun terus berlanjut hingga yang kita temukan saat ini, si tukang ledeng ini tidak melulu berjalan ke kanan menginjak-injak musuh-musuhnya untuk menyelamatkan si putri cantik di istana yang dijaga oleh si raja kura-kura yang jahat, kini Mario mulai bermain tennis, go kart, hingga menjalani petualangan dengan alur cerita yang lebih serius seperti dalam Paper Mario.

Sejarah Pengembangan dari Mario Bros

Mario Bros diciptakan oleh Shigeru Miyamoto dan dibantu oleh Gunpei Yokoi, dua orang yang telah berkontribusi untuk game Donkey Kong.
Kalau ada yang belum tahu siapa itu Gunpei Yokoi, ini penampakannya.

     
           Shigeru Miyamoto                                       Gunpei Yokoi


Di Don Key Kong sendiri Mario telah muncul dan menjadi salah satu tokoh utama yang digemari oleh banyak orang. Ide pengembangan Mario bermula dari sini, di Donkey Kong, karakter Mario akan mati jika dia jatuh dari ketinggian yang terlalu jauh, sehingga kemudian Yokoi memberikan ide untuk membuat Mario dapat tetap hidup walaupun jatuh dari ketinggian berapapun, asalkan tetap medarat di balok-balok yang tersedia, dari sinilah kemudian muncul ide mengenai petualangan Mario dalam bentuk SidScrolingGame, figurisasi karakter Mario pun mulai dilakukan, karakter yang pada awalnya bernama "Jump Man" kemudian diberi nama "Mario" diidentikan sebagai seorang tukang ledeng berkumis dengan logat Italia (Jump Man sendiri sebenarnya seorang tukang kayu) dan untuk mengentalkan karakternya sebagai tukang ledeng, pipa-pipa hijau kemudian ditambahkan dalam mario Bros, kemudian diperkenalkan pula tokoh baru, yaitu Luigi, hanya dengan mengganti warna baju dan membuat karakternya menjadi lebih tinggi sebagai saudara Mario.



Mario Bros pada awalnya tidak sesukses seperti yang kita lihat sekarang, pada tahun 1983 penjualannya tidak terlalu bagus, terutama karena konsol pada waktu itu belum seperti yang kita kenal saat ini, melainkan masih berupa "family computer" hingga kemudian Nitendo merilis sendiri konsolnya yang berupa NES (Nitendo Entertainment System) yang memfasilitasi penggunaan catridge. Mario Bros menjadi booming sekaligus menjadi salah satu ikon yang mengangkat nama Nitendo sebagai konsol permainan, hingga kemudian Mario berturut-turut menjadi karakter langganan konsol-konsol Nitendo berikutnya, mulai dari SuperNitendo, Nitendo64, GameCube, Wii, dan Wii U.


Mario Bros diciptakan oleh Shigeru Miyamoto dan Gunpei Yokoi, dua orang yang telah berkontribusi untuk game Donkey Kong. Di Don Key Kong sendiri Mario telah muncul dan menjadi salah satu tokoh utama yang digemari oleh banyak orang. Ide pengembangan Mario bermula dari sini, di Donkey Kong, karakter Mario akan mati jika dia jatuh dari ketinggian yang terlalu jauh, sehingga kemudian Yokoi memberikan ide untuk membuat Mario dapat tetap hidup walaupun jatuh dari ketinggian berapapun, asalkan tetap medarat di balok-balok yang tersedia, dari sinilah kemudian muncul ide mengenai petualangan Mario dalam bentuk SidScrolingGame, figurisasi karakter Mario pun mulai dilakukan, karakter yang pada awalnya bernama "Jump Man" kemudian diberi nama "Mario" diidentikan sebagai seorang tukang ledeng berkumis dengan logat italia (Jump Man sendiri sebenarnya seorang tukang kayu) dan untuk mengentalkan karakternya sebagai tukang ledeng, pipa-pipa hijau kemudian ditambahkan dalam mario Bros, kemudian diperkenalkan pula tokoh baru, yaitu Luigi, hanya dengan mengganti warna baju dan membuat karakternya menjadi lebih tinggi sebagai saudara Mario.

2 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Asal Sejarah Dari Sebuah Kisah - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz