Wednesday, September 4, 2013

Sejarah Credit Card

Kredit adalah metode menjual barang atau jasa tanpa pembeli harus memiliki uang tunai di tangan.Sedangkan kartu kredit merupakan cara otomatis menawarkan kredit kepada konsumen.


Kartu kredit moderen dilengkapi dengan sebuah nomor identifikasi yang mempercepat transaksi belanja.Tanpa adanya nomor identifikasi, penjual harus mencatat identitas, alamat penagihan, dan ketentuan pembayaran setiap konsumen.

Menurut Encyclopedia Britannica, “penggunaan kartu kredit berasal dari Amerika Serikat selama tahun 1920-an, ketika perusahaan individual, seperti perusahaan minyak dan jaringan hotel, mulai mengeluarkan kartu kredit kepada pelanggan mereka.”

Namun, asal usul kartu kredit bisa dilacak hingga tahun1890 di Eropa.Kartu kredit awal melibatkan langsung pembeli dan penjual yang menawarkan fasilitas kredit.Sekitar tahun 1938, beberapa perusahaan mulai menerima kartu kredit yang dikeluarkan perusahaan lain.Saat ini, kartu kredit bisa digunakan untuk transaksi berbagai macam barang dan jasa dari hampir tak terhitung penyedia layanan.

Bentuk Kartu Kredit

Kartu kredit tidak selalu terbuat dari plastik. Terdapat pula kredit token yang terbuat dari koin logam, plat logam, seluloid, fiber, serta kertas.

Bank Pertama Penerbit Kartu Kredit

Bank pertama yang menerbitkan kartu kredit adalah John Biggins dari Flatbush National Bank of Brooklyn di New York.Pada tahun 1946, Biggins menemukan “Charge-It” atau program antara nasabah bank dan pedagang lokal.Pedagang bisa menyerahkan slip penjualan ke bank dan bank kemudian menagih pembayaran pelanggan yang menggunakan kartu.

Kartu Kredit Diners Club

Pada tahun 1950, Diners Club mengeluarkan kartu kredit di Amerika Serikat.Kartu kredit Diners Club diciptakan oleh pendiri Diners Club, Frank McNamara, dan pada awalnya dimaksudkan untuk membayar tagihan restoran.Pelanggan bisa makan tanpa uang tunai di setiap restoran yang menerima Diners Club.Diners Club kemudian akan membayar restoran dan pemegang kartu kredit lantas membayar tagihan pada Diners Club.Diners Club pada mulanya lebih mirip dengan kartu tagihan daripada kartu kredit karena pelanggan harus membayar seluruh tagihan sekaligus alih-alih mencicilnya.

American Express mengeluarkan kartu kredit pertama pada tahun 1958.
Bank of America mengeluarkan kartu kredit BankAmericard (sekarang Visa) pada tahun 1958.

Popularitas Kartu Kredit

Kartu kredit awalnya terutama diperuntukkan bagi sales yang sering bepergian.Pada awal 1960-an, lebih banyak perusahaan menawarkan kartu kredit.American Express dan MasterCard merupakan contoh keberhasilan penerbit kartu kredit.Pada pertengahan tahun 70-an, Kongres AS mulai mengatur industri kartu kredit dengan melarang praktik seperti mengirimkan kartu kredit aktif untuk mereka yang tidak memintanya.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Asal Sejarah Dari Sebuah Kisah - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz